Cara Jitu Riset Kata Kunci Blog Dengan Mudah !
Cara Jitu Riset Kata Kunci Blog Dengan Mudah ! - Cara jitu dan mudah untuk riset kata kunci blog agar artikel mendapatkan posisi pertama di Google atau Page One Google.
Untuk mendapatkan Page One Google adalah hal yang susah ! Tetapi akan sangat menguntungkan jika berada di halaman tersebut.
Coba kalian pikirkan jika kata kunci tersebut memiliki volume 10.000 per bulan, lalu anda mendapatkan posisi pertama di Google. Dapat dibayangkan berapa ribu traffic yang akan datang dengan sendirinya setiap bulan.
Jika situs anda sudah ada iklan berapa uang yang akan anda dapa?! Itu adalah sedikit keuntungan dari Page One Google, kalian dapat mengikuti Cara Jitu Riset Kata Kunci Blog untuk mendapatkan tempat dan segala keuntungan dari Page One Google
Cara Jitu Riset Kata Kunci Blog
Meskipun SEO adalah sebuah taktik dan teknik agar artikel kalian ada di halaman pertama Google, tetapi tetaplah kata kunci tetap memainkan peran penting. Menemukan kata kunci yang tepat tentu akan membantu kalian untuk mendominasi hasil pencarian dan memuaskan audiens dari target kalian.
Berikut adalah tips saat memilih kata kunci target kalian :
- Volume pencarian untuk kata kunci tertentu dalam jangka waktu tertentu. Jangan sampai kalian menggunakan kata kunci yang salah hal itu tentu akan membuang-buang waktu dan energi kalian.
- Pahami maksud pencari di balik kata kunci yang ingin Anda gunakan. Jika ada mendengar kata "Batik" hal itu bisa saja orang mencari "Motif Batik", "Jenis-jenis Batik" atau hanya untuk melihat harga batik atau membelinya
- Selanjutnya, meneliti sumber daya untuk membuat konten kompetitif yang sudah muncul di hasil pencarian. Hal ini tentu kalian dapat kalian manfaatkan dimana artikel kalian harus ditingkatkan agar mendapatkan hasi yang maksimal
- Fokus pada kata kunci panjang atau biasanya disebut Long Tail Keyword. Mereka mungkin memiliki volume pencarian yang rendah, tetapi mereka masih memberikan kemungkinan tinggi untuk mendapat peringkat di SERP. Orang biasanya menggunakan frase kata kunci yang lebih panjang ketika mereka ingin mengetahui informasi yang lebih spesifik tentang topik yang mereka cari.
Berikut adalah beberapa sumber bagus untuk memungkinkan Anda melakukan penelitian kata kunci yang sangat baik untuk konten ramah SEO Anda:
1. Gunakan alat untuk menemukan kata kunci terbaik.
Ada banyak tools tetapi kalian bisa juga ekstensi, Raja sudah pernah membahas tentang hal ini kalian dapat manfaatkannya untuk mendalami sebuah keyword, tentu tidak semua tools itu gratis karena hampir semua tool SEO yang ada merupakan premium atau berbayar. Anda dapat membaca alternatif berikut ini Ekstensi SEO Yang Berguna Untuk SEO Blog.
2. Buatlah Backlink dengan situs-situs diskusi yang populer. Orang-orang menggunakan alat ini untuk mendiskusikan topik terkait industri yang tidak difilter oleh penelusuran.
Ada banyak situs tanya jawab ataupun forum diskusi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink dengan mudah dan gratis. Contoh forum yang kalian dapat manfaatkan Quora atau Kaskus, forum tersebut merupakan forum diskusi yang akan dapat dengan mudah mendatangkan Backlink ke website kalian.3. Gunakan Pencarian Terkait atau Related Search di Google untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda dan apa maksud mereka.
Ini merupakan hal yang bisa dimanfaatkan, hal ini bukanlah tool atau ekstensi yang kalian dapat manfaatkan untuk membuat membidik kata kunci yang bagus agar artikel kalian lebih SEO Friendly. Dan tentunya ini adalah Gratis
4. Google Autocomplete akan memberikan saran kata kunci berdasarkan kueri pengguna nyata.
Ohh ya, selain dengan Pencarian Terkait kalian juga bisa mencoba Autocomplete milik Google. Alat ini memiliki saran kata kunci yang membantu memilih kata kunci seperti cara orang melakukan pencarian. Tapi sayangnya ini tidak akan memberikan tingkat kesulitan atau volume pencarian
5. Jangkau forum industri yang berbeda untuk melihat pertanyaan dan topik apa yang diminati pelanggan Anda.
6. Memata-matai pesaing utama Anda dan mencari tahu kata kunci mana yang mengarahkan banyak lalu lintas berkualitas.
Jika anda tidak melakukan cara nomor 5 maka anda harus memata-matai pesaing anda walaupun secara tidak langsung kalian akan menjadi audiens dan juga mendatangkan traffic bagi pesaing anda.
Setelah Anda menemukan kata kunci target, pastikan untuk memasukkannya di tempat yang tepat:
● Judul
● URL
● Deskripsi meta pertahankan antara 145-150 karakter
● Dalam konten Anda gunakanlah kata kunci dalam tag antara H1-H6
● Nama gambar dan tag gambar alternatif
Perhatikan bahwa penggunaan kata kunci yang berlebihan akan menghambat keterbacaan konten Anda. Jadi hindari melakukan ini dan jangan membingungkan pembaca Anda. Jika anda meletakkan kata kunci terlalu banyak itu akan berbalik menurunkan peringkat artikel anda, tentu kalian enggak ingin buat ngejebolin peringkat artikel yang udah bagus. Niat benerin ehh malah nyungsep ke luar Page One.
Berikut adalah pembahasan tempat menempatkan Keyword yang tepat:
1. Buatlah konten yang memecahkan masalah audiens
Buat posting blog dan jenis konten lain yang memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan audiens Anda. Sertakan kata kunci Anda di seluruh konten dengan cara yang alami.
2. Susun konten Anda
Jika Anda ingin membuat konten yang hebat, anda dapat meikuti struktur yang solid.
Pertama, kenali bagian utama dari postingan Anda. Membaginya menjadi beberapa bagian dapat membuat tulisan Anda lebih mudah dan lebih cepat. Setelah Anda menyusun konten Anda, Anda dapat mengerjakan setiap bagian secara terpisah tanpa waktu untuk mengatur pikiran Anda.
Setiap bagian konten harus mencakup pendahuluan, isi utama, dan kesimpulan. Anda dapat membagi tubuh menjadi beberapa bagian dan menulis konten Anda yang menunjukkan kepribadian anda kepada audiens kalian.
Hal yang paling banyak orang lewatkan adalah membuat kesimpulan mereka sebaik mungkin. Akhiri konten kalian dengan ajakan bertindak yang kuat agar orang-orang mengambil tindakan yang diinginkan.
3. Tulis judul yang menarik
Judul memiliki dampak besar pada tujuan SEO Anda dan keramahan pengguna.
Judul yang deskriptif dan menarik dapat membantu pembaca mengetahui tentang postingan blog Anda, dan apa yang akan mereka dapatkan dari membacanya.
Untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi, optimalkan judul Anda untuk SEO dengan mengikuti tip sederhana ini:
● Gunakan kata kunci target Anda di awal judul Anda.
● Pertahankan judul Anda di bawah 60 karakter . Google menampilkan 60 karakter pertama dalam hasil pencarian.
● Pastikan untuk mendeskripsikan konten postingan secara akurat.
Untuk memikat audiens dan meningkatkan RKT, Anda dapat menggunakan pengubah emosional dalam judul Anda, seperti "terbaik", "viral !", "ngakak", "gratis", "mampus !", "dahsyat" dan seterusnya.
Ini akan mendorong orang untuk mengklik atau mengunjungi blog kalian.
4. Tulis URL yang ramah SEO
URL yang dibuat dengan baik adalah salah satu elemen SEO terpenting. Buatlah URL yang tidak terlalu panjang dan juga terlalu pendek, isikan keyword di URL artikel anda
Menurut Backlinko , URL adalah faktor peringkat yang signifikan. Mereka memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, dan lebih mudah untuk dibagikan.
Saat membuat URL ramah SEO, gunakan aturan berikut:
- Sertakan kata kunci target untuk setiap halaman. Itu akan meningkatkan visibilitas pencarian situs web Anda dan membantu mesin pencari mengkategorikan dan mengidentifikasi halaman dengan lebih baik.
- Persingkat URL Anda dengan menghapus kata-kata yang tidak perlu. Rata-rata URL harus sekitar 60 karakter atau tiga hingga lima kata.
- Gunakan tanda hubung untuk memisahkan kata. Misalnya, https://pintardigitalindonesia.blogspot.com/2021/09/menggunakan-google-analytics-di-blog.html
- Gunakan huruf kecil. Huruf besar dapat menyebabkan pengalihan atau kesalahan 404 pada beberapa server.
- Jaga agar URL Anda tetap sederhana, menarik, dan relevan.
5. Gunakan paragraf kecil
Satu hal yang perlu diingat adalah untuk menjaga paragraf Anda pendek.
Ini tidak berarti bahwa setiap kalimat harus dimulai pada baris baru, tetapi paragraf harus disusun secara logis dan memiliki ide sendiri. Tetap berpegang pada paragraf kecil (sekitar 2-3 kalimat).
Gunakan opsi pemformatan yang berbeda, seperti menambahkan poin-poin, menyorot teks, mengubah font Anda. Itu memudahkan pengguna seluler untuk membaca konten dan membuat konten Anda tidak membosankan. Jangan sampai anda membiarkan pembaca atau audiens anda bosan dengan narasi yang seperti itu saja, Raja yakin itu akan membuat mereka tidak betah dan keluar begitu saja dari blog anda.
6. Optimalkan deskripsi meta
Deskripsi meta adalah ringkasan konten Anda yang digunakan Google untuk ditampilkan di bawah judul Anda di hasil pencarian. Penting untuk membuatnya menarik dan informatif untuk mendorong pembaca mengklik posting blog Anda.
Deskripsi meta harus menjelaskan tentang artikel Anda dan menyertakan kata kunci target Anda. Panjang maksimal deskripsi meta adalah 150 karakter.
Tidak ada jaminan bahwa deskripsi meta asli yang Anda kerjakan akan muncul di hasil pencarian.
Jadi, solusi terbaik adalah mencari tahu kata kunci target Anda dan memasukkannya secara alami ke dalam deskripsi meta Anda. Jika Google menemukan kecocokan dalam deskripsi meta Anda, mereka mungkin akan menggunakan tag Anda.
7. Optimalkan gambar
Menyertakan dan mengoptimalkan gambar dalam konten Anda adalah cara yang bagus untuk menyampaikan poin Anda secara efektif dan meningkatkan pengalaman pembaca. Optimalisasi gambar mirip dengan SEO tradisional.
Gambar Google tidak dapat membaca teks dalam gambar , tetapi dapat menafsirkan konten gambar untuk menentukan relevansi gambar dalam hasil penelusuran. Anda perlu memberikan teks Alt yang tepat dan judul deskriptif, keterangan dan nama file.
Teks ALT tidak terlihat oleh pengunjung situs web, tetapi mesin pencari menggunakan informasi ini untuk memahami subjek gambar dengan lebih baik. Jika gambar tidak dimuat pada perangkat tertentu, orang akan melihat teks ALT sebagai gantinya. Cobalah untuk membuat konten yang bermanfaat dan informatif yang berisi kata kunci inti Anda secara tepat dan alami dalam teks ALT Anda.
8. Tambahkan tautan yang masuk akal
Setiap kali Anda menulis posting blog baru, sertakan beberapa kata, statistik, atau poin yang dapat mengambil manfaat dari klarifikasi lebih lanjut.
Artinya, jangan menahan diri untuk tidak menambahkan tautan internal dan eksternal ke artikel Anda. Mereka membantu pembaca Anda menjelajahi topik secara lebih mendalam sambil tetap fokus pada poin utama.
Tautan internal adalah cara yang efektif untuk membantu mesin telusur memahami relevansi konten Anda, membuat pembaca Anda menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda, dan mengurangi rasio pentalan. Anda bisa mendapatkan puluhan traffic dengan menanam atau menaruh backlink ke forum diskusi. Hindari membeli Backlink karena itu tidak akan berguna untuk website anda ! Jika anda membeli Backlink maka itu hanyalah sekedar angka.
Selain itu, Anda juga ingin menambahkan teks ke tautan karena orang dapat lebih memahami tentang apa tautan itu. Cobalah untuk menggunakan jumlah tautan yang masuk akal. Tidak ada yang tahu berapa jumlah tautan yang harus Anda sertakan. Pastikan saja tautan Anda relevan, alami, dan bermanfaat bagi pembaca.
9. Gunakan panjang konten yang optimal
Untuk posting blog biasa, 300 hingga 500 kata harus menjadi jumlah kata minimum. Jika anda menulis dibawah itu kemungkinan peringkat anda tidak akan tinggi di pecarian Google
Ini karena Google menyukai konten yang lebih panjang karena cenderung mendapatkan lebih banyak suka dan sebutan di media sosial. Oleh karena itu, posting yang lebih panjang memiliki peluang bagus untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam pencarian.
Panjang konten yang optimal adalah sekitar 2000 kata . Tapi itu tidak harus menjadi tujuan nomor satu Anda untuk menulis 2000 kata setiap waktu.
Pertama dan terpenting, Anda perlu menyediakan konten yang paling berguna dan informatif bagi pembaca Anda yang menentukan tujuan pencarian mereka.
Perlu diingat bahwa Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Jadi, periksa konten peringkat teratas Anda untuk melihat artikel apa yang paling banyak dilihat dan menganalisis dampak dari panjang konten.
10. Optimalkan konten Anda untuk seluler
Sekarang penggunaan internet seluler atau tablet mencapai 56% secara global.
Mengoptimalkan blog Anda untuk perangkat seluler adalah suatu keharusan bagi mesin telusur, karena Google kini memberi peringkat lebih tinggi pada situs web ramah seluler.
Oleh karena itu, penting untuk memiliki desain situs web yang responsif karena Google menghukum situs yang tidak ramah seluler.
Anda juga ingin menyesuaikan desain web Anda untuk perangkat seluler, tablet, dan desktop. Pastikan template yang anda gunakan responsif di berbagai perangkat.
Navigasi dan tata letak yang sederhana memudahkan pengguna menemukan semua informasi yang diperlukan dengan cepat. Ini berarti Anda ingin menganalisis kecepatan memuat situs Anda. Gunakan Laman Seluler yang Dipercepat untuk membuat konten yang dimuat secara instan dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Cegah loading website kalian agar tidak lewat dari 5 detik, karena menurut Google pengguna rata-rata pengguna pergi dari website kalian jika loading website lebih dari 5 detik
Untuk memeriksa apakah situs Anda memiliki masalah, seperti kecepatan situs, pengoptimalan seluler, validasi HTML, dll. Ada banyak tool yang dapat untuk mevalidasi situs web anda, bahkan Google sudah menyiapkan hal tersebut. Alat tersebut akan mengevaluasi semua parameter utama dan memberikan kiat yang dapat ditindaklanjuti tentang cara memperbaiki masalah jika perlu.
11. Perbarui konten Anda secara teratur
Bahkan jika Anda membuat konten yang menarik dan berkonversi tinggi, Anda perlu menulis posting blog dan memperbarui konten situs Anda secara teratur.
Ini karena Google ingin memberikan hasil terbaik kepada pencari untuk kueri pencarian mereka. Akibatnya – jika Anda tidak mempublikasikan secara teratur, Google tidak akan menganggap blog Anda sebagai sumber yang baik untuk pencari.
Sekali atau dua kali seminggu adalah titik awal yang bagus. Beri pembaca Anda waktu untuk mencerna konten segar Anda, dan tanggapi komentar di pos Anda. Gunakan tip copywriting untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda.
12. Gunakan tombol berbagi media sosial
Ingin mendapatkan link gratis? Permudah pengguna untuk menemukan tombol berbagi sosial Anda dan sebarkan konten Anda di seluruh web.
Tombol yang dirancang dengan indah akan mendorong orang untuk mengklik dan membagikan publikasi Anda.
13. Sertakan markup skema
Menerapkan markup skema akan membantu mesin telusur menganalisis konten Anda dengan lebih baik. Ini membagi setiap bagian dari publikasi Anda dan menjelaskan mesin pencari apa arti bagian-bagian ini.
Gunakan Pemandu Markup Data Terstruktur Google untuk menambahkan markup ke entri blog Anda dengan mudah. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan markup skema ke judul Anda, pilih bagian kanan "Artikel", masukkan URL dan mulai memberi tag.
Di panel kiri, sorot judul Anda, pilih jenis markup skema dan buat HTML. Salin kode ini dan ganti kode sumber Anda untuk posting ini dengan HTML ini.
Kiat bonus: gunakan Alat analisis SEO
Jika Anda ingin menulis posting blog yang mudah dibaca dan SEO friendly, kalian tidak dapat melakukannya tanpa alat analisis SEO.
Alat SEO yang andal dapat membantu Anda menemukan kata kunci berkinerja terbaik untuk konten Anda, membuat dan mengirimkan peta situs, memeriksa pengoptimalan seluler Anda, menganalisis profil tautan Anda, mendeteksi dan menolak tautan buruk, dll.
Periksa tulisan Anda sebelum mendorongnya ke web. Pastikan bahwa itu bebas dari kesalahan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Ada banyak sekali pemeriksa keterbacaan teks artikel anda.
Untuk mengetahui konten paling populer di situs Anda, Anda dapat menggunakan alat gratis dari Google ! Yap siapa lagi kalo bukan Google Anlytics
Tool ini menawarkan perkiraan terperinci, seperti rasio pantulan, kedalaman halaman, kunjungan, konversi, dan tindakan prospek. Dengan menggunakan data ini, Anda dapat mengoptimalkan tautan dan konten yang sesuai.
Nah itulah tips dan trik untuk Riset Kata Kunci Blog Dengan Mudah ! Hanya perlu lakukan hal ini dan jangan kaget jika artikel kalian bertengger di Page One Google
Makasi banget ! Kebnatu denga artikel ini
ReplyDeleteTermakasih, info yang sangat membantu ni dalam membuat artikel agar bisa masuk pejwan, hehe
ReplyDeleteAsslamualaiku...
ReplyDeletemaaf yang bg mengganggu..
sebelumnya saya pernah membaca komentarnya di google komunitas tentang masalah Artikel tidak di index Google sampai berminggu-minggu. kalau saya mau masuk 2 bulan lo.??
ada panduannya gak bg..??
atau apakah ada artikelnya yang menyangkut hal itu..
sudah pusing bg... muter muter mulu penjelasan dari yang lain.
Baik mbak ...
DeleteUntuk hal ini memang lagi ada masalah dalam Google Search Console.
Untuk mengatasinya gimana bang?
Jika memang blog mbaknya besar ya tetep keindeks, tapi kalo blog mbaknya kecil kek punya saya... ya tunggu dulu
Bg,, saya mau bertanya terkait tentang caranya untuk mengatasi masalah artikel blog yang sudah lebih dari 2 minggu belum juga terindek gogle..?
ReplyDeletekira kira apa masalahnya bg.??
atau ada gak artikelnya yang mengangkut hal demikian..
mohon petunjunjuknya bg.?
wassalam....
Post a Comment
Jika ada yang ditanyakan silakan komentar di kolom komentar ya !